Minggu, 26 Agustus 2007

PEMBANGUNAN BERTAHAP UNTUK DANA TERBATAS


Rumah seringkali dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keperluan kita saat ini dan di masa mendatang. Misalnya saat ini anak-anak masih kecil, tidur sekamar berdua tidak menjadi masalah. Tetapi bagaimana nanti setelah besar? Sepertinya akan memerlukan kamar tidur sendiri-sendiri. Akibatnya luas rumah jadi besar dan membutuhkan biaya yang cukup besar pula. Sementara dana yang kita miliki saat ini masih minim.

Kondisi-kondisi ini seringkali menghambat kita untuk merencanakan sebuah rumah tinggal. Bagaimana mensiasati keterbatasan dana untuk membangun rumah? Salah satu solusinya adalah dengan membangun secara bertahap. Yang harus Anda lakukan adalah:

1. mengelompokkan kebutuhan ruang
Begitu Anda memutuskan untuk membangun rumah secara bertahap, maka susunlah daftar ruangan yang diperlukan saat ini dan saat nanti. Jika rumah Anda dua lantai maka ruang-ruang yang diperlukan sekarang sebaiknya berada di lantai dasar, sedangkan yang diperlukan di masa mendatang diletakkan di lantai atas. Jika rumah Anda satu lantai maka tata letak ruangan harus diatur sedemikian rupa sehingga ruang-ruang yang diperlukan saat ini berada dalam satu area. Sehingga pada saat pembangunan tahap pertama selesai, rumah akan terlihat utuh, tidak seperti bangunan yang belum selesai.

2. gambar dengan ruangan lengkap
Meskipun pada tahap pertama Anda hanya akan membangun sebagian ruangan, sebaiknya Anda sudah memiliki gambar dengan kondisi ruangan yang lengkap. Hal ini dapat meminimalkan masalah di masa mendatang, ketika Anda hendak membangunan tahap kedua.

3. pentahapan pembangunan
Pentahapan pembangunan bisa dilakukan secara vertikal (lantai bawah dan atas) atau pun horisontal. Misalnya rumah yang Anda rencanakan terdiri dari dua lantai. Anda dapat membangun lantai dasar dulu, nanti setelah ada dana, Anda dapat membangun lantai atasnya. Jika menggunakan cara ini, ada beberapa hal yang harus Anda ingat, antara lain mengenai pondasi. Sejak awal pembangunan, pondasi bangunan sudah dipersiapkan untuk dua lantai. Sehingga jika suatu saat Anda ingin membangun lantai atas, pondasi Anda sudah siap. Jadi tidak banyak bongkaran pada bangunan tahap pertama.
Jika rumah yang Anda rencanakan terdiri dari satu lantai maka Anda dapat membangun satu bagian bangunan terlebih dahulu, baru kemudian bagian lainnya.


Tidak ada komentar: